Selasa, 05 Oktober 2010

underwater paradise Gebe Island


Pulau Gebe di Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara (Malut), dinilai layak dijadikan objek wisata bahari bawah laut di daerah tersebut.
Bupati Halteng, Al Yasin Ali ketika dihubungi di Ternate, Rabu, menyatakan, kondisi terumbu karang di perairan laut Gebe segugus dengan terumbu karang di Kabupaten Raja Empat Provinsi Irian Jaya Barat.
Gugusan tersebut, lanjutnya, melahirkan berbagai terumbu karang dan objek yang memiliki berbagai keindahan bawah laut sehingga hal itu menjadi asset berharga bagi pengembangan pariwisata di Halteng.
Bupati Yasin menyebut kurang lebih 300 jenis karang berada di Pulau Gebe. Jenis terumbu karang tersebut rata-rata mirip dengan terumbu karang yang berada di Kepulauan Raja Empat Papua.
“Karenanya saya melihat Pulau Gebe cocok dijadikan objek wisata bawah laut di Halteng. Apalagi dari sisi sarana prasaran cukup memadai,” katanya.
Menurut Yasin, dalam mempromosikan potensi wisata di Kabupaten Halteng pihaknya telah melakukan beberapa langkah penting seperti upaya promosi ke luar daerah.
Akan tetapi, untuk saat ini Pemkab Halteng masih menitikberatkan pada pembangunan infrastruktur.
“Tetapi lima tahun kedepan pemkab sudah memfokuskan penggarapan sumber PAD termasuk sektor pariwisata,”ujar Yasin.
Menurut dia,  selain potensi wisata bawah laut, Palau Gebe merupakan pulau yang memiliki potensi perikanan cukup besar. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perikanan di Kecamatan Gebe yang selalu menunjukan peningkatan cukup segnifikan.
Ia juga berpendapat Pulau Gebe merupakan daerah yang memiliki banyak potensi dan patut untuk dioptimalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar